breaking news New

`Doing Nothing` di Curug Kondang

`Doing Nothing` di Curug Kondang Sumber foto: Sigit Kurniawan/www.travelklik.com.

Travelklik - Bogor, Kawasan obyek wisata Gunung Salak Indah, Bogor, Jawa Barat memang menyimpan sejuta keindahan alam. Panorama khas perbukitan yang diselimuti rimbunnya pepohonan serta udara dingin menggigit tulang serta kabut yang kerap turun menjadi pemandangan indah saat berada di kawasan wisata ini.

Selain itu, kawasan obyek wisata Gunung Salak Indah ternyata juga menyimpan banyak pesona alam lainnya, yaitu air terjun atau curug. Sebut saja salah satunya, Curug Ngumpet 2 atau dikenal juga dengan Curug Kondang. Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 2 kilometer saja dari lokasi wisata Curug Cigamea.

Curug Kondang terletak di Desa Gunung Sari, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tidak sulit untuk mencapai lokasi ini. Gerbang masuknya pas di tikungan tajam dan menanjak. Gapura bertuliskan Selamat Datang di Obyek Wisata Curug Kondang menyambut wisatawan yang datang. Dan tentunya, wisatawan harus membayar tiket masuk sebelum menuju ke curug, sebesar Rp10.000,-.

Untuk mencapai Curug Kondang memang tidak terlalu sulit dan ekstrem. Bahkan, terkesan gampang untuk sampai ke lokasi. Jalan setapak sudah tersusun rapi dari batuan alam dan jalurnya pun relatif datar.

Sepanjang perjalanan, kesan adem dan ijo royo-royo memang begitu terasa. Pepohonan rindang seakan berbisik menyambut wisatawan. Begitu pula riuh riak air dari kali yang ada di sisi kiri jalur menuju Curug Kondang seolah menyapa mereka yang datang.

Sekitar 10 menit menempuh perjalanan, wisatawan bisa melihat keindahan Curug Kondang. Dibandingkan dengan saudaranya sesama curug alias air terjun, ukuran si Kondang ini jauh lebih mini. Kurang lebih setinggi 15-20 meter saja.

Di bawah curahan airnya terdapat sebuah kolam kecil yang kemudian mengalir ke luar kawasan.

Di hadapan curug ada gazebo yang pas banget memandangi curug yang memancarkan air begitu deras. Meskipun kecil, tetapi pemandangan di sekitarnya tidak kalah indah dan mengasyikkan. Justru bagi penggemar kesunyian, tempat ini dirasakan lebih cocok. Curug Kondang memang pas banget buat santai doing nothing.

Kolam alami yang terbentuk di bawah curug airnya sejuk buat berendam. Hanya saja, harus tetap berhati-hati dan jangan melewati batas tali. Di kawasan Curug Kondang ini juga ada beberapa cekungan-cekungan dangkal yang pas buat anak-anak.

Untuk mencapai kawasan Gunung Salak Endah sebenarnya ada beberapa alternatif. Jika lewat Dramaga dari Jakarta masuk tol Jagorawi arah Bogor/Ciawi, keluar di exit Sentul Selatan/City (Lingkar Bogor, Kd. Halang), belok kanan untuk mengambil tol Lingkar Bogor, keluarnya di Dramaga. Ketemu lampu merah, belok kiri ke arah Dramaga/Leuwiliang (Jl. Abdullah bin Nuh). Lurus saja  sampai ketemu pertigaan mentok, belok kanan, susuri Jl. Raya Dramaga.

Sekitar 10 menit setelah melewati kampus IPB Dramaga ada pertigaan, dengan penanda DODIKLATPUR, di situ ambil ke kiri. Kita sudah memasuki Jl. Cicadas, daerah Ciampea. Sekitar 20 menit kemudian, ada percabangan, ambil yang kiri, itu kita sudah memasuki jalan Desa Gunung Bunder, alias Jalan Gunung Salak Endah.

Kontur jalanan menanjak, sempit dan lika-liku. Kurang lebih berkendara 20 menit lagi, tibalah kita di gerbang masuk TN Gunung Halimun Salak. Di sini kita harus membayar tiket masuk taman nasional sebesar Rp 10.000/ orang dan Rp 10.000 untuk mobil. Kurang lebih 25 menit melintasi kawasan taman nasional, sudah terlihat gerbang Curug Kondang. (Traveller: Sigit Kurniawan)